Wednesday, October 19, 2011

3 Anjing Mati dalam Pengiriman, Jasa Ekspedisi Digugat Rp 1 M




Salah satu anjing milik Christina semasa hidup (Kaskus) Jakarta - Tiga ekor anjing Saint Bernard tewas akibat salah pengemasan saat dikirimkan ke Klaten melalui Yogyakarta. Alhasil, Cristina, pemilik anjing tersebut, menggugat perusahaan jasa ekspedisi sebesar Rp 1,09 miliar.

"Kerugian materil Rp 90 juta yaitu seharga 3 ekor anjing. Sedangkan kerugian immaterial Rp 1 miliar karena saya stres, kondisi batin saya yang tertekan akibat anjing kesayangan tersebut hampir menemani saya setiap hari," kata Cristina dalam emailnya ke detikcom, Rabu ,(19/10/2011).



Perkara tersebut didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan No 420/Pdt.G/2011/PN.Jkt.Pst. Penyedia jasa pengiriman dinilai telah melakukan Perbuatan Melanggar Hukum (PMH) karena melanggar Pasal 66 ayat 1 jo ayat 2 huruf b jis huruf d fan huruf g UU 18/2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan juga Pasal 302 KUHP tentang penganiayaan hewan.

"Nantinya, uang tersebut akan disumbangkan ke yayasan pecinta binatang. Uang tersebut diharapkan bisa menambah kesejahteraan anjing, khususnya anjing pemeliharaan," terang Cristina.

Seperti diketahui, ketiga anjing yang tiap ekornya berbobot sekitar 65-75 kilogram ini, ditemukan tak bernyawa saat paket pengiriman dari Jakarta tiba di Yogyakarta, pada 5 Februari lalu. Sedangkan satu ekor anjing masih hidup, namun dalam kondisi sekarat.

Menurut Christina, ketiga anjingnya tersebut mati dalam kondisi mengenaskan akibat kehabisan nafas.
"Hasil visum dokter mengatakan penyebab kematian Dior, Alfan dan Dextra (ketiga anjing Christina-red) adalah karena kekurangan oksigen sehingga paru-paru mereka pecah, dengan kondisi darah keluar dari mata, hidung dan telinga," ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kandang yang digunakan untuk mengemas keempat anjing tersebut terlalu sempit untuk jenis Saint Bernard. Bahkan dua ekor anjing dimasukkan ke dalam satu kandang yang sangat tidak layak selama perjalanan di Kereta Api.

"Dua ekor anjing dimasukkan ke dalam satu kandang yang ukurannya saja sudah tidak layak, untuk bahkan satu ekor anjing," ucapnya.



Sumber : detiknews.com

No comments:

Post a Comment