Monday, October 24, 2011

Disnak Perikanan OKU Timur Musnahkan 200 Anjing Liar

Sriwijaya Post - Minggu, 9 Oktober 2011 12:46 WIB


SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Hingga Oktober 2011, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten OKU Timur telah memusnahkan 200 ekor anjing liar dengan cara meracuni kemudian membakar mayatnya.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjangkitnya penyakit rabies sesuai dengan peringatan Kementrian Peternakan dan Perikanan RI menyusul terjangkitnya rabies di 24 provinsi di Indonesia. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan OKU Timur, Ir Nandang Setiady Sabtu (8/10/2011) kemarin.

Menurut Nandang, bukan hanya memusnahkan anjing rabies saja, pihaknya juga sudah memberikan vaksinasi rutin terhadap 1.814 anjing yang tersebar di seluruh Kabupaten OKU Timur dengan cara menyebarkan tim vaksinasi ke pemukiman penduduk yang memelihara anjing.

“Kita juga membuka posko secara spontan di beberapa wilayah terdapat banyak populasi anjing. Jika ditemukan ada anjing yang terindikasi rabies, kita akan langsung melakukan pemusnahan dengan cara meracuninya terlebih dahulu,” terangnya.

Sementara disinggung wabah rabies di OKUT, Nandang menjamin kabupaten OKU Timur saat ini masih aman dari penyebaran rabies. Untuk itu pihaknya terus memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat terutama yang memelihara anjing untuk memberikan vaksinasi secara rutin untuk mencegah penyebaran rabies tersebut

No comments:

Post a Comment